Tips Merawat Motor Yamaha Nmax - Iutbourg.info Berita Teknologi

Kamis, 12 Maret 2020

Tips Merawat Motor Yamaha Nmax




Merawat Motor Yamaha Nmax - Pada era 2000an ini banyak sekali inovasi dan variasi yang terjadi pada bidang teknologi. Para ilmuwan banyak yang berlomba – lomba dalam menghasilkan sebuah teknologi baru yang tentunya dapat membantu meringankan pekerjaan manusia setiap harinya. Salah satunya pada bidang transportasi banyak sekali perubahan dan semakin canggihnya alat transportasi yang berkeliaran serta degan performa bagus yang ditonjolkan masing – masing tapi dengan harga yang bervariasi tentunya. Sepeda motor dengan jenis matic memang merupakan pilihan dari banyak masyarakat Indonesia. Orang – orang beralih dengan engine matic memang memiliki banyak alasan. Banyak dari mereka yang memberi alasan engine matic tidak serumit engine manual, dan sangat praktis di gunakan apalagi bagi mereka para pemula yang baru belajar mengendarai sepeda motor. 
Sepeda motor engine matic dengan fitur yang sudah menggunakan injeksi yang memang menjadi primadona saat ini. Engine matic degan fitur injeksi ini memiliki banyak sekali keunggulan daripada engine matic yang masih menggunakan system bahan bakar yang manual atau biasa disebut degan karburator. Engine matic dengan fitur injeksi ini memiliki teknologi yang sangat canggih ia bisa menekan penggunaan bahan bakar sehingga menimbulkan mesin menjadi awet dan bisa tahan lebih lama daripada dengan engine matic karburator. Meski dengan keunggulan itu perawatan yang harus selalu diperhatikan dalam menjaga mesin dan performa agar tetap irit dan mulus seperti pertama kali pemakaian. Banyak sekali orang yang mengabaikannya, sehingga meimbulkan motor kadang performanya turun dan jika dijual kembali harganya akan turun drastic.
Berikut merupakan beberapa cara perawatan motor matic injeksi yang dapat kamu lakukan dirumah: 
  • Selalu memanaskan mesin sebelum di pakai
Exposition memanskan mesin saat pagi hari dan sebelum memakai motor itu perlu sekali di lakukan. Hal ini dilakukan agar compositions pembakaran yang ada di mesin bisa melakukan pembakaran dengan sempurna. Dan oli mototr juga bisa melumasi semua mesin sehingga mesin tidak kekeringan dan temperature mesin tetap stabil saat digunakan. Sebaiknya pemanasan mesin dilakukan selama 5 – 10 menit sebelum motor digunakan.
  • Selalu mengecek kondisi bahan bakar
Tidak memperhatikan keadaan engine mesin bisa berakibat fatal pada mesin ya mesin bisa cepat rusak. Selalu periksa tangki bensin sebelum motor itu digunakan agar terhindar dari kehabisan bahan bakar saat sedang digunakan. Jangan mencampur bahan bakar karena bisa merusak performa mesin. Isilah pada tempat resmi seperti pertamina.
  • Selalu mengganti oli mesin secara berkala
Mengganti oli mesin secara berkala sesuai dengan panduan buku manual. Penggantian oli mesin dilakukan pada saat sudah menempuh 1500 – 2000 km. jika kamu sering mengabaikan perawatan ini, maka mesin motor kamu akan cepat aus dan rusak. Dan gantilah oli sesuai dengan standart yang di anjurkan oleh bengkel resmi.
  • Perika vbelt dan roller
Komponen ini sangat mendukung engine dalam system penggerak engine. Vbelet dan roller menjadi komponen yang mudah sekali mengalami kerusakan karena pemakaian dan kotoran yang berada dalam ruang transmisinya. Pemeriksaan vbelt dan roller harus dilakukan secara berkala dan sangat dianjurkan. Jika kondisinya sudah usang maka gantilah dengan yang baru.
  • Periksa kondisi busi dan aki
Pemerikasaan kondisi aki dan busi ini sangat dianjurkan karena untuk menjaga performa agar tetap prima dan bertenaga saat melaju. 
Nah, itulah beberapa cara untuk merawat mesin motor matic injeksi nmax. Semoga membantu. 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda